Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bekisting || Pengertian Dan Jenisnya

 niscaya kita sering mendengar istilah bekisting Bekisting || Pengertian dan Jenisnya

Dalam sebuah pelaksanaan proyek, niscaya kita sering mendengar istilah bekisting. Apalagi pada dikala pekerjaan beton (pengecoran). Apa itu bekisting? Mari kita bahas ihwal pengertian dan jenisnya.

Pengertian Bekisting
Bekisting atau formwork yaitu suatu konstruksi pembantu yang bersifat sementara yang merupakan cetakan / mal ( beserta pelengkapnya pada pecahan samping dan bawah dari suatu konstruksi beton yang dikehendaki. Bekisting yaitu cetakan sementara yang dipakai untuk menahan beton selama beton dituang dan dibuat sesuai dengan bentuk yang diinginkan (Stephens, 1985)

Acuan (bekisting) yaitu suatu sarana pembantu struktur beton untuk pencetak beton sesuai dengan ukuran, bentuk, rupa ataupun posisi yang direncanakan. Karena bersifat sementara, bekisting akan dilepas atau dibongkar sesudah beton mencapai kekuatan yang cukup.

Acuan sendiri mempunyai arti pecahan dari konstruksi bekisting yang berfungsi sebagai pembentuk beton yang diinginkan atau pecahan yang kontak eksklusif dengan beton. Perancah mempunyai arti sebagai pecahan dari konstruksi bekisting yang berfungsi menahan beban–beban yang ada di atasnya yang bekerja pada dikala pengecoran, baik beban vertikal maupun beban horizontal.

Pada konstruksi bekisting, harus memungkinkan untuk sanggup melaksanakan :
  • Pemasangan tulangan (menahan beban tulangan)
  • Pengecoran sekaligus pemadatan adukan
  • Pelepasan formwork (acuan) sehingga beton tidak rusak.

Jenis - Jenis Bekisting
1. Bekisting Tradisional


Bekisting ini dibuat dari kayu dan triplek (plywood) atau papan yang tahan akan kelembaban. Sangat gampang untuk diproduksi tetapi memakan waktu untuk struktur yang lebih besar, dan triplek yang dipakai mempunyai umur yang relatif singkat. Hal ini masih dipakai secara luas di mana biaya tenaga kerja lebih rendah daripada biaya untuk pengadaan bekisting yang sanggup dipakai kembali (reusable). Ini juga merupakan jenis bekisting yang paling fleksibel, sebab sanggup diterapkan pada bentuk konstruksi yang rumit.

2. Sistem Bekisting Rekayasa (Engineering).

 niscaya kita sering mendengar istilah bekisting Bekisting || Pengertian dan Jenisnya

Bekisting ini dibangun dari modul prefabrikasi dengan bingkai logam (biasanya baja atau aluminium) dan ditutup pada aplikasi (beton). Dua laba utama dari sistem bekisting, dibandingkan dengan bekisting kayu tradisional, yaitu kecepatan konstruksi ( pin dengan sistem modular, klip, atau sekrup ) dan menurunkan biaya penggunaan kembali (perkuatan, frame hampir tidak sanggup dihancurkan, sementara jikalau terbuat dari kayu, mungkin harus diganti sesudah beberapa - atau beberapa lusin penggunaan, tetapi jikalau epilog tersebut dibuat dengan baja atau aluminium, penggunaan sanggup mencapai sampai dua ribu penggunaan tergantung pada perawatan dan aplikasi).

3. Bekisting Plastik Guna Kembali (Reusable).



Sistem ini saling terkait dan berbentuk modular. Digunakan untuk membangun banyak macam bentuk truktur beton yang relatif sederhana. Panelnya ringan dan sangat kuat. Jenis ini cocok untuk konstruksi berbiaya rendah, dan sketsa perumahan massal.

4. Bekisting Permanen Terisolasi (Insulated).

 niscaya kita sering mendengar istilah bekisting Bekisting || Pengertian dan Jenisnya

Bekisting ini dirakit di tempat, biasanya untuk isolasi bentuk beton / insulating concrete forms (ICF). Bekisting tetap di kawasan sesudah beton telah diawetkan (cured), dan sanggup memperlihatkan laba dalam hal kecepatan, kekuatan, isolasi termal dan akustik yang superior, ruang untuk menjalankan utilitas dalam lapisan EPS, dan jalur terintegrasi untuk pemasangan cladding.

5. Sistem Bekisting Struktural Stay-In-Place .

 niscaya kita sering mendengar istilah bekisting Bekisting || Pengertian dan Jenisnya

Bekisting ini dirakit di tempat, biasanya keluar dari prefabrikasi dengan diperkuat serat berbahan plastik. Ini tersedia dalam bentuk tabung berongga, dan biasanya dipakai untuk kolom dan dermaga. Bekisting tetap di kawasan sesudah beton telah infinit (cured) dan bertindak sebagai penguat aksial dan geser, serta melayani untuk membatasi beton dan mencegah terhadap efek lingkungan, menyerupai korosi dan siklus beku.

Demikian artikel tentang Bekisting || Pengertian Dan Jenisnya yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Mengenal Jenis Pondasi Strauss Pile dapat dilihat DISINI.


Post a Comment for "Bekisting || Pengertian Dan Jenisnya"